Lifestyle

Cara Merawat Hewan Peliharaan

Jenis Hewan Peliharaan di Rumah

Memiliki hewan peliharaan di rumah memang bisa membuat suasana menjadi lebih hidup dan menyenangkan serta bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengusir rasa bosan dan kesepian. Namun, menjaga kondisi dan kesehatan hewan bukanlah perkara yang bisa dianggap enteng karena itu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sebagai pemilik.

Bukan hanya menonton dan mengajak bermain saja, tetapi kamu juga berkewajiban untuk memberikan kasih sayang dan selalu memperhatikan kebersihan, asupan gizi, perawatan, dan lain-lain. Maka dari itu, simak cara merawatnya dalam artikel berikut ini!

Berikan Makanan dan Minuman yang Sehat

Makanan adalah faktor utama yang harus kamu perhatikan untuk menunjang kesehatan dan tumbuh kembang hewan peliharaan di rumah. Dalam memberi makan, sebaiknya perhatikan jenis makanan, porsi, kandungan nutrisi, dan tekstur yang sesuai dengan usia.

Selain itu, kamu harus riset makanan apa saja yang tidak boleh diberikan karena berbeda jenis hewan berbeda pula pantangannya. Misalnya, jika kamu memelihara kucing, hindari memberinya makanan-makanan seperti olahan keju, susu sapi, alpukat, dan lain sebagainya. Jangan lupa berikan minuman yang cukup, seperti susu khusus binatang peliharaan.

Kebersihan Kandang Harus Terjaga

Sebagai pemilik, kamu juga harus memperhatikan kebersihan kandang dari hewan yang kamu rawat. Pastikan kandang bersih dari sisa makanan atau kotoran yang bisa menjadi sarang bakteri dan parasit. Lakukan pembersihan secara rutin dengan mencuci atau membersihkan tempat makan dan minum serta mainan, lalu keringkan.

Rutin Mengajak Jalan-Jalan di Luar Ruangan

Umumnya, makhluk hidup membutuhkan ruang dan sesekali beraktivitas di luar ruangan, tidak terkecuali hewan peliharaan. Ini bertujuan supaya binatang peliharaan kamu tidak mudah stres karena harus terus terkurung dalam kandang.

Rutinlah mengajak hewan kesayangan kamu untuk beraktivitas di luar ruangan minimal 2 – 3 kali dalam seminggu, misalnya bermain di halaman rumah, jalan-jalan di taman, mengelilingi kompleks, dan sebagainya. Dengan begitu, bonding antara kamu dan hewan kesayangan juga akan lebih erat.

Memberikan Vaksin Tepat Waktu

Pemberian vaksin termasuk upaya pencegahan kontaminasi virus atau penyakit menular pada hewan peliharaan, misalnya rabies, herpes, dan lain-lain. Namun, sebelum menyuntikkan vaksin, pastikan bahwa binatang peliharaan kamu dalam keadaan sehat, yakni bebas dari kutu dan cacingan.

Maka dari itu, kamu harus rutin memberikan obat anti cacing dan antikutu supaya binatang peliharaan jadi lebih sehat dan lebih mudah menyerap vaksin. Lakukan vaksinasi dengan tepat waktu, misalnya waktu yang tepat untuk vaksinasi pada kucing adalah saat usia 2 bulan, 12 bulan, dan 3 tahun.

cara-merawat-hewan-peliharaan-dirumah

Waktu Bermain Atau Bonding

Cara merawat hewan peliharaan berikutnya adalah memberikan atau menyempatkan bermain bersama peliharaan. Ini juga merupakan cara kamu mendekatkan diri dengan hewan kesayangan. Beberapa jenis hewan, bahkan hampir semua, tidak ingin dikekang. Ada baiknya kamu melakukan bonding dengan hewan kesayangan Anda.

Selain bermain, kamu juga bisa mengajak jalan-jalan atau berenang. Makin banyak hewan bergerak, maka otot dan keaktifan hewan juga akan terjaga. Dengan begitu, kesehatan hewan juga lebih terjamin. Menghabiskan banyak waktu bersama akan membuat ikatan antara pemilik dan peliharaan lebih erat.

Memberikan Kandang yang Layak

Jika kamu memelihara anjing, kucing, burung, atau kelinci, kamu harus siap menyediakan kandang. Pasalnya, binatang peliharaan pun membutuhkan kandang yang layak. Masing-masing binatang punya kriteria kandang tersendiri agar nyaman untuk ditinggali.

Sebagai contoh, anjing, kucing, dan kelinci membutuhkan perlengkapan alat tidur yang nyaman. Sementar itu, letakkan kayu horizontal sebagai tempat bertengger untuk kandang burung.

hewan peliharaan

Berikan Perawatan atau Grooming secara Rutin

Cara merawat binatang peliharaan yang terakhir adalah dengan memberikan perawatan secara rutin, meliputi perawatan gigi, kuku, dan bulu hewan sehingga menjadi lebih bersih dan rapi. Melakukan perawatan pada hewan kesayangan tidak harus selalu ke pet shop, kok. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

Nah, itulah artikel mengenai kegiatan perawatan hewan peliharaan di rumah supaya tetap sehat. Sebagai pemilik, kamu sudah semestinya bertanggung jawab akan kesehatan dan keselamatan hewan yang kamu pelihara. Semoga bermanfaat! crispinguest.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button