Kesehatan

Tips Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Inilah Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah waktu di mana para wanita harus benar-benar menjaga kesehatan mereka. Sebab saat hamil, wanita harus memenuhi kebutuhan nutrisi setidaknya untuk dua tubuh, yaitu dirinya sendiri dan juga janin yang dikandung.

Oleh karena itu, ibu hamil diharapkan mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Lalu apa sajakah makanan yang baik untuk dikonsumsi bumil? Simak penjelasan di bawah ini!

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

makanan yang baik di konsumsi ibu hamil
makanan yang baik di konsumsi ibu hamil – blog infotainment guest post

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang baik untuk ibu-ibu di masa kehamilan karena bisa menjadi sumber vitamin A nabati yang baik untuk perkembangan janin. Selain itu, serat yang terkandung di dalam ubi jalar juga dapat melancarkan pencernaan serta membuat kenyang lebih lama sehingga ibu terhindar dari lonjakan gula darah akibat kalap makan.

Telur

Bila mencari makanan yang kaya nutrisi dan rendah kalori, telur adalah solusinya. Telur mengandung protein, mineral, lemak, serta kolin sebagai senyawa yang membantu perkembangan otak. Semua nutrisi itu bisa didapat dengan hanya memasukkan 80 kalori ke dalam tubuh.

Alpukat

Buah satu ini selain mengenyangkan juga sangat bernutrisi. Alpukat mengandung serat, asam lemak tak jenuh tunggal, vitamin, asam folat, serta kalium. Bagi janin, lemak membantu dalam perkembangan otak, kulit, dan jaringan tubuh, sedangkan asam folat membantu janin tetap sehat dan mencegah cacat lahir pada bayi.

Beri

Selain alpukat, beri-berian bisa menjadi rekomendasi buah-buahan yang baik dikonsumsi ibu hamil. Tidak hanya memiliki kalori yang cukup rendah, beri-berian juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, beri-berian juga mengandung sejumlah nutrisi yang baik, seperti vitamin C, vitamin A, serat, antioksidan, dan kaya air.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan sawi adalah asupan yang tidak boleh ditinggalkan di masa kehamilan. Sebab, sayuran hijau mengandung berbagai nutrisi, seperti serat, vitamin C, vitamin A, vitamin K, zat besi, folat, dan kalium.

Popcorn

Popcorn bisa menjadi camilan yang sehat saat masa kehamilan, asalkan dibuat sendiri dengan hanya menggunakan sedikit margarin dan garam serta tanpa tambahan gula. Alasan popcorn bisa menjadi camilan yang sehat adalah karena rendah kalori dan kaya akan serat.

Biji-bijian Utuh

Produk dari biji-bijian utuh seperti kuaci, roti gandum, oatmeal, atau quinoa sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Biji-bijian utuh umumnya mengandung serat, vitamin B, dan magnesium yang baik bagi tubuh.

Baca :  Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Kulit

 

Makanan yang Perlu Dihindari

Selain harus mengonsumsi makanan bernutrisi, ibu hamil sebaiknya menghindari makanan-makanan berikut.

Makanan yang Perlu Dihindari ibu hamil
Portrait of pregnant woman refuse to eat junk food and choose vegetable salad. sourch img alodokter

Daging Mentah atau Setengah Matang

Daging mentah, baik unggas, daging merah, atau ikan yang mentah atau setengah matang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Sebab, daging yang mentah atau setengah matang berpotensi mengandung bakteri dan parasit seperti E.coli, Listeria, Salmonella, dan Toxoplasma.

Parasit dan bakteri ini dapat menyebabkan gangguan saraf pada janin yang berakibat dengan penurunan intelektual, kebutaan, dan epilepsi.

Sayuran Mentah dan Tidak Dicuci

Bagi para pecinta lalapan, sebaiknya Anda menghindari untuk mengonsumsinya saat hamil. Sayuran yang mentah dan bahkan tidak dicuci merupakan tempat bagi pertumbuhan parasit yang berbahaya seperti Toxoplasma.

Minuman Berkafein

Wanita di masa kehamilan sebisa mungkin perlu mengurangi minuman berkafein seperti minuman bersoda, kopi, teh, dan cokelat dengan batasan kurang dari 200 mg per hari. Sebab, kafein dengan mudah masuk ke plasenta dan terserap oleh janin.

Bayi tidak memiliki kemampuan mengolah kafein, sehingga kafein yang masuk ke tubuh bisa berakibat terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang kurang baik bagi ibu hamil karena menyebabkan masalah pada janin, seperti gangguan perkembangan otak dan sindrom alkohol (sindrom penyebab kelainan bentuk wajah dan cacat jantung). Selain itu, alkohol juga tinggi gula dan hanya akan menaikan kadar gula darah tanpa memberikan nutrisi yang berarti.

Makanan Olahan

Makanan olahan seperti kornet, sosis, dan junk food merupakan makanan yang rendah nutrisi dan umumnya tinggi kalori, tinggi sodium, mengandung gula berlebih, serta berpengawet. Senyawa-senyawa ini bukannya membuat ibu dan janin sehat, tetapi justru meningkatkan risiko diabetes pasca-kehamilan. Oleh karena itu, ibu perlu menghindari konsumsi makanan olahan saat masa kehamilan.

Itulah penjelasan tentang makanan apa saja yang baik dan sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button