Lifestyle

Wajib Tahu! Mencegah anemia pada ibu hamil

Mencegah anemia pada ibu hamil merupakan suatu hal yang wajib

Mencegah anemia
  • makanan penambah darah

Tahukah kamu bahwa ibu hamil lebih rentan mengalami kekurangan darah atau anemia? Untuk menanggulangi masalah kesehatan tersebut, ada beberapa makanan penambah darah untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi selama masa kehamilan.

Ibu hamil biasanya lebih rentan untuk mengalami anemia karena kebutuhan darah meningkat dan terbagi untuk sang buah hati. Selain itu, volume darah pada ibu hamil juga perlu ditingkatkan untuk proses melahirkan nanti yang pastinya mengeluarkan cukup banyak darah.

Selain obat penambah darah yang bumil dapatkan dari dokter atau bidan, ada beberapa makanan yang memiliki kandungan zat besi yang baik untuk meningkatkan volume darah. Berikut beberapa makanan penambah darah yang baik untuk bumil.

Olahan dari Kedelai

Kedelai memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah kandungan zat besi yang dapat menjadi alternatif untuk penambah darah. Tak hanya itu, kedelai juga kaya akan protein, lemak nabati, dan karbohidrat yang baik untuk tumbuh kembang janin.

Selain kedelai, jenis kacang kacangan lainnya seperti kacang tanah, kacang lentil, kacang polong, buncis, lamtoro dan beberapa kacang lainnya juga baik dikonsumsi oleh bumil untuk meningkatkan volume darah.

Sayur Bayam

Sudah menjadi rahasia umum jika sayur bayam punya kandungan zat besi yang tinggi sehingga bagus untuk meningkatkan volume darah. Bahkan, sayuran ini juga kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik untuk ibu hamil. Banyak olahan makanan yang bisa kamu buat dari bayam, misalnya tumis bayam, sayur bayam bening, kripik bayam, dan lain-lain.

Brokoli

Makanan penambah darah untuk ibu hamil yang ketiga adalah brokoli. Sayuran ini adalah rekomendasi yang baik untuk bumil karena mengandung zat besi, vitamin C, dan serat. Namun, pastikan kamu mengolahnya dengan tepat. Pasalnya, jika salah olah, sayur ini justru dapat mengurangi selera makan bumil akibat aroma yang cukup menyengat .

Asparagus

Asparagus dikenal sebagai sayuran dengan tinggi zat folat dan zat besi. Sayuran ini juga berkhasiat membantu bumil untuk menjaga dan mengontrol volume darah dalam tubuh. Kamu dapat mengolah sayur ini menjadi sup atau menumisnya. Lalu, konsumsi secara rutin.

Daging Merah

Pilihan makanan penambah darah untuk bumil selanjutnya adalah daging merah. Pasalnya, daging merah punya kandungan zat besi yang cukup tinggi yang mampu mencegah bumil dari risiko anemia. Beberapa pilihan daging merah, antara lain olahan daging sapi, daging kambing, hati, dan daging merah lainnya.

Namun, pastikan daging merah yang dikonsumsi telah matang sempurna terlebih dahulu. Itu karena mengonsumsi olahan daging yang kurang matang dapat mengakibatkan kontaminasi bakteri yang berbahaya bagi bumil.

Daging Ayam

Selain daging merah, daging ayam juga memiliki kandungan zat besi yang tak kalah tinggi. Dalam 1 kg ayam fillet tanpa kulit mengandung zat besi sebanyak 0,5 mg. seperti halnya daging merah, pastikan olahan ayam benar-benar dimasak dengan matang untuk menghindari bakteri yang masuk dalam tubuh.

Ikan Salmon

Pilihan makanan pencegah anemia berikutnya adalah ikan salmon yang mengandung sebanyak 1,5% zat besi per ekornya. Selain itu, ikan salmon juga kaya akan Omega 3 dan asam lemak yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Namun, untuk konsumsi ibu hamil, ada baiknya kamu mengolah salmon hingga matang. Tujuannya adalah supaya ikan salmon lebih aman dikonsumsi oleh bumil maupun janin.

Makanan Penambah Darah

Buah dengan Kandungan Vitamin C

Vitamin C sangat diperlukan tubuh untuk penyerapan zat besi dari makanan. Seorang ibu hamil bisa memperoleh asupan vitamin C ini dari segala jenis buah-buahan, terutama buah jeruk, apel, dan delima.

Dengan rutin mengonsumsi buah-buahan, daya tahan tubuh dan kandungan hemoglobin (Hb) dalam darah juga akan meningkat. Itu karena dalam buah-buahan terkandung banyak senyawa dan zat yang baik, seperti vitamin, kalsium, serat, dan protein.

Kurma

Buah asal Arab ini memang memiliki sejuta manfaat, terutama untuk bumil. Pasalnya kandungan folat, zat besi dan vitamin K pada buah ini bagus untuk meningkatkan volume darah dan menambah energi. Bahkan, mengonsumsi kurma secara rutin dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak dan mencegah risiko lahir cacat pada bayi.

Nah, itulah beberapa pilihan makanan penambah darah yang baik dan aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Yuk, konsumsi mulai dari sekarang untuk meminimalisir risiko kekurangan zat besi dalam darah atau anemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button