Kesehatan

Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit merupakan salah satu rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Kunyit merupakan rempah berbentuk rimpang dengan daging berwarna kuning cerah di dalamnya. Rempah dengan nama ilmiah Curcuma longa ini memiliki banyak manfaat kesehatan, tidak terkecuali bagi pencernaan.

Bila Anda ingin mengetahui manfaat kunyit untuk kesehatan, simak penjelasan di bawah ini.

Kunyit dan Olahannya

Sebelum mengetahui manfaat kunyit, Anda perlu mengetahui macam-macam pengolahan dari rimpang satu ini. Apa sajakah itu?

manfaat kunyit

Bumbu Masakan

Makanan khas Indonesia yang sangat beragam dan menggugah selera tidak terlepas dari kunyit sebagai salah satu bumbunya. Kunyit bisa dimanfaatkan untuk menambah cita rasa masakan, seperti opor, tongseng, gulai, woku, dan masih banyak lagi.

Minuman atau Jamu

Seperti yang telah disebutkan, kunyit memiliki berbagai manfaat kesehatan. Hal ini membuat masyarakat Indonesia secara turun-temurun memanfaatkannya sebagai minuman herbal atau jamu untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Obat-obatan dan Suplemen

Selain dijadikan jamu, kunyit juga banyak dijadikan bahan campuran untuk obat-obatan atau suplemen yang diolah secara modern dalam bentuk tablet atau kapsul.

Masker

Kunyit saat ini sering digunakan sebagai salah bahan untuk perawatan wajah baik oleh produsen skincare maupun perawatan pribadi di rumah. Hal ini berkat beberapa manfaat kunyit yang baik untuk kulit, seperti menyamarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit, dan menjaga elastisitas kulit.

Pasta Gigi

Pemanfaatan kunyit yang lain adalah sebagai bahan pasta gigi. Kunyit memiliki kandungan dengan sifat antiinflamasi yang mampu melindungi mulut dan gusi dari peradangan dan seriawan. Selain itu, kandungan antibakteri yang dimiliki kunyit juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang serta membantu gigi agar tidak menguning.

Apa Saja Kandungan dalam Kunyit?

Kunyit sebagai salah satu herbal memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain yaitu kurkumin, sineol, zingiberen, vitamin C, serta sejumlah mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalsium.

Baca : Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Kunyit Bagi Pencernaan

manfaat-kunyit
sourch img: www.pertanian.go.id

Melancarkan Pencernaan

Kunyit mengandung senyawa, seperti vitamin dan mineral serta senyawa dengan sifat antiinflamasi dan antioksidan. Hal ini membuatnya mampu membantu organ pencernaan dalam menjalankan fungsinya.

Selain itu, kunyit juga mengandung serat yang dapat mengontrol produksi asam dan pergerakan otot, serta membantu melancarkan penyerapan nutrisi.

Baca : Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Meredakan Nyeri Perut

Manfaat kunyit selanjutnya adalah bisa dijadikan obat pereda nyeri perut. Sebab, kunyit mengandung senyawa dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan di perut sebagai pemicu rasa nyeri.

Meredakan Diare

Diare merupakan kondisi ketika seseorang mengeluarkan tinja dalam bentuk cair dan BAB lebih dari tiga kali sehari. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti gangguan pencernaan, efek obat, infeksi virus dan bakteri, atau alergi makanan.

Konsumsi kunyit secara rutin dapat membantu menyembuhkan diare. Selain itu, kunyit juga dapat mencegah dehidrasi sebagai efek dari diare berkat kandungan magnesium dan kalium di dalamnya.

Meredakan Heartburn

Heartburn merupakan salah satu gangguan pada lambung yang menimbulkan rasa panas dan perih di sekitar dada, khususnya di bagian belakang tulang rusuk. Kondisi ini akan lebih parah seusai makan, saat malam hari, atau saat telentang.

Menurut studi, senyawa dalam kunyit mampu menjaga fungsi pencernaan serta mengontrol produksi asam dan empedu, sehingga bisa bantu memulihkan seseorang dari heartburn dan mengurangi efeknya.

Mengatasi IBS

IBS atau Irritable Bowel Syndrome merupakan kondisi yang menyebabkan nyeri di bagian perut, begah, serta keram pada perut. IBS bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami, dan kunyit adalah salah satunya. Ini berkat kunyit yang mengandung vitamin, mineral, dan senyawa lain yang dapat mengurangi efek peradangan.

Mengatasi Mual

Ketika pencernaan dalam kondisi yang kurang baik, seseorang bisa saja mengalami mual. Mual sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti stres, dehidrasi, infeksi, dan lain-lain. Dengan mengonsumsi kunyit, Anda bisa mendapatkan efek antiinflamasi dari kurkumin yang dapat meredakan mengurangi infeksi bakteri.

Selain itu, vitamin dan fitokimia di dalam kunyit juga berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu otak lebih rileks sehingga mengurangi kadar stres.

Mencegah Efek Asam Lambung Naik

Kunyit juga dapat dijadikan obat alami untuk mencegah efek naiknya asam lambung. Asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa menyebabkan luka pada kerongkongan dan memicu kanker. Adanya senyawa kurkumin dalam kunyit menurut penelitian mampu melindungi sel-sel mukosa pada kerongkongan dari kerusakan akibat naiknya asam lambung.

Itulah penjelasan tentang beberapa contoh penggunaan kunyit serta manfaat kunyit bagi kesehatan pencernaan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button