Kesehatan

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Kulit

Konsumsi rumput laut ternyata bisa menjaga kesehatan kulit

Rumput laut merupakan salah satu hasil komoditas laut yang banyak dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia, seperti untuk obat-obatan, suplemen, olahan makanan, kosmetik, dan bahan-bahan industri lainnya.

Tidak kalah dari produk laut lainnya, tanaman ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Jenis-jenis Rumput Laut

jenis-rumput-laut
sourc; https://kkp.go.id/djpb

1.      Nori

Nori adalah jenis yang paling umum dijual di Indonesia, apalagi setelah banyaknya restoran Jepang belakangan ini. Jenis satu ini memiliki rasa gurih dan sedikit asin.

2.      Kombu

Jenis ini banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau dijadikan kaldu untuk sup. Hal ini dikarenakan kombu memiliki rasa gurih yang dapat menambah cita rasa makanan.

3.      Arame

Jenis ini diambil dari ganggang cokelat atau Phaeophyta. Arame umumnya memiliki perpaduan rasa manis dan gurih saat dimakan. Arame sendiri kaya akan magnesium yang merupakan mineral penting untuk mencegah penyakit jantung.

4.      Hijiki

Jenis ini banyak dikonsumsi oleh orang-orang di daerah Asia Timur dan berasal dari ganggang cokelat seperti arame. Hijiki memiliki rasa yang gurih dengan tekstur dan aroma seperti jamur. Mengonsumsinya secara rutin dapat memberikan asupan mineral yang bermanfaat, seperti kalsium, zat besi, dan magnesium

5.      Wakame

Selain nori, wakame juga menjadi jenis rumput laut yang banyak ditemui di restoran Jepang. Wakame memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis. Bila dikonsumsi rutin, wakame bisa membantu Anda mencegah hipertensi dan penyakit jantung.

6.      Dulse

Bila arame berasal dari ganggang cokelat, dulse berasal dari ganggang merah atau Rhodophyta. Dulse memiliki tekstur yang cukup lembut dengan rasa asin yang nikmat. Mengonsumsi dulse dapat memberikan asupan kalium harian Anda.

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Kulit

1.      Menutrisi Kulit

Dengan kandungan seperti vitamin E, mineral, seng, antioksidan, asam amino rantai panjang, serta asam lemak yang dimilikinya, rumput laut mampu menutrisi kulit sehingga selalu sehat dan cerah. Kandungan nutrisi-nutrisi itu juga yang membuat rumput laut banyak digunakan sebagai bahan utama produk perawatan kulit.

2.      Mencegah Peradangan pada Kulit

Kulit yang radang dapat menyebabkan berbagai masalah yang mengganggu kesehatan seperti eksem jerawat. Kandungan antiinflamasi serta beberapa senyawa, seperti florotanin, polisakarida dengan sulfat, dan inhibitor tirosinase dapat membantu mencegah peradangan sehingga tidak menimbulkan masalah yang berkelanjutan.

3.      Mengatasi Kulit Kering

Tanaman ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menghaluskan kulit, termasuk mengatasi tumit yang pecah-pecah. Adanya manfaat tersebut adalah berkat kemampuannya dalam menghidrasi kulit sehingga kulit selalu lembap dan tidak kering.

4.      Detoksifikasi Kulit

Kandungan vitamin, antioksidan, dan sejumlah mineral dalam tanaman ini dapat membantu detoksifikasi racun dalam tubuh, termasuk kulit. Senyawa-senyawa yang ada di dalamnya akan mengekstrak racun, kemudian mengeluarkannya dari kulit sehingga bisa membuat kulit selalu segar, sehat, dan cerah.

5.      Mencegah Kanker Kulit

Kandungan antioksidan yang ada dalam seaweed bukan hanya mengatasi peradangan, tetapi juga dapat mencegah kanker kulit. Sebab, antioksidan membantu menangkal efek radikal bebas yang diakibatkan oleh sinar UV.

6.      Mengatasi Psoriasis

Tanaman ini mengandung senyawa yang mampu mengeksfoliasi kulit secara alami sehingga bisa bantu mengobati psoriasis. Psoriasis adalah gangguan kulit akibat peradangan yang membuat kulit menjadi bersisik, mengelupas, dan terasa gatal.

7.      Mengatasi Rosacea

Sifat antiinflamasi rumput laut, selain mengatasi peradangan sebagai penyebab jerawat dan eksem, juga bisa bermanfaat untuk mengatasi gangguan kulit lainnya. Untuk itu, tanaman ini sangat bermanfaat untuk kulit sensitif dan kulit yang rentan terhadap rosacea. Manfaat ini tentu saja berkat kandungan mineral, seperti seng, magnesium, dan selenium.

Berbagai Olahan Rumput Laut yang Nikmat Dikonsumsi

olahan-rumput-laut

1.      Agar-agar Rumput Laut

Agar-agar merupakan olahan rumput laut yang paling mudah ditemui dan harganya pun sangat terjangkau. Agar-agar bisa dikonsumsi secara langsung serta bisa juga dijadikan topping jus, campuran bahan es buah, atau dijadikan dessert lain yang enak dan segar.

2.      Es Rumput Laut

Es rumput laut bisa jadi rekomendasi bagi Anda yang ingin membuat minuman atau dessert yang menyegarkan. Jenis dessert ini umumnya menggunakan seaweed yang sudah dikeringkan lalu dicampurkan bersama bahan lain, seperti biji selasih, buah-buahan sesuai selera, dan nata de coco. Kemudian, minuman diberi sirup, susu, serta es batu.

3.      Salad

Salad rumput laut sangat cocok untuk mereka yang ingin membuat olahan simpel. Umumnya, orang-orang menggunakan jenis wakame kering yang telah direndam air mendidih dan diperas airnya untuk dibuat salad. Setelah itu, wakame bisa dimakan dengan mencampurnya bersama cabai, kecap, madu, cuka beras, dan taburan wijen.

4.      Sup Rumput Laut

Bila ingin menikmati rumput laut saat cuaca dingin, sup menjadi solusinya. Anda bisa mencampur ayam dan kombu untuk bahan kaldu dengan menggabungkan nori dan sayuran lain sebagai bahan di dalamnya.

Itulah penjelasan seputar rumput laut mulai jenis, manfaatnya untuk kesehatan kulit, serta rekomendasi olahannya yang nikmat dikonsumsi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button