Lifestyle

Tips Belanja di Supermarket Saat Pandemi

Sejak pandemi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat belanja

Selama pandemi Covid-19, kamu harus selalu mengutamakan keamanan dan kesehatan dalam melakukan segala aktivitas, termasuk belanja di supermarket. Jadi, selain menghindari pemborosan, pastikan aktivitas berbelanja juga aman dari risiko penularan virus.

Apalagi sebagian besar orang ternyata belum tahu apa saja yang harus diperhatikan saat membeli barang di mall maupun supermarket selama pandemi berlangsung. Maka dari itu, artikel ini akan mengulas beberapa tips bermanfaat supaya kegiatan berbelanja kamu jadi lebih aman dan antiboros.

Membuat Daftar Belanja

Tips pertama adalah membuat daftar belanja sebelum berangkat ke supermarket. Daftar ini akan membantu kamu untuk menghemat waktu supaya tidak terlalu lama berada di luar rumah.

Membuat daftar barang yang akan dibeli juga menjadikan kamu lebih cermat dan hemat. Tulis daftar barang apa saja yang paling kamu perlukan untuk persediaan selama 1 hingga 2 minggu ke depan. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir terjadinya pemborosan.

Patuhi Protokol Kesehatan

Tips selanjutnya adalah dengan mematuhi protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk saat berbelanja di mall atau supermarket. Pakai masker yang memenuhi standar kesehatan, cuci tangan sebelum masuk supermarket atau membawa hand sanitizer, dan jaga jarak dengan pengunjung lain minimal 1 meter.

 

Gunakan cairan desinfektan untuk mengelap troli dan usahakan tidak terlalu banyak menyentuh barang, kecuali yang ingin kamu beli saja. Selain itu, hindari menyentuh area wajah, hidung, mata, dan mulut secara langsung menggunakan tangan yang belum bersih. Lalu, tidak kalah penting untuk membawa tas atau kantong belanja sendiri.

tips belanja nagita slavina

Manfaatkan Diskon

Tips belanja di supermarket berikutnya adalah membeli barang promo atau diskon, tetapi tetap usahakan sesuai dengan daftar belanjaan. Apalagi kamu berbelanja produk tertentu dalam jumlah yang banyak untuk memenuhi persediaan, supermarket biasanya memberikan kupon diskon.

Nah, kupon ini bisa kamu gunakan saat akan berbelanja kembali di supermarket tersebut. Akan tetapi, pastikan kamu menggunakan kupon diskon tersebut sebelum masa berlakunya habis.

Jangan Berbelanja Bersama

Saat memutuskan untuk berbelanja di supermarket, kamu sebaiknya pergi sendiri tanpa ditemani keluarga atau sahabat. Selain untuk menjaga keluarga kamu tetap aman dari risiko penularan virus Covid-19, kamu juga bisa lebih fokus pada daftar barang yang sudah kamu rencanakan saat berbelanja sendirian.

Beda halnya jika berbelanja bersama, risiko pemborosan lebih besar. Utamanya, jika mengajak anak-anak, pengeluaranmu akan lebih besar dari yang kamu rencanakan.

Buat Anggaran Belanja

Saat membuat daftar, kamu sebaiknya membuat perkiraan atau penghitungan budget yang dibutuhkan. Hal ini cukup efektif untuk membantu kamu meminimalisir pemborosan saat berbelanja. Kamu bisa mencari tahu atau riset harga barang di media sosial, aplikasi, atau website online milik supermarket maupun minimarket langganan kamu.

Gunakan Sistem Pembayaran Nontunai

Dengan menggunakan sistem pembayaran nontunai atau cashless, kamu tidak hanya bisa menekan pengeluaran, melainkan juga turut mencegah penularan virus Covid-19. Untuk itu, gunakan kartu debitĀ  atau aplikasi dompet digital saat membayar di kasir.

Melalui cara ini, kamu bisa memantau pengeluaran sehingga tidak akan membengkak untuk membeli barang yang kurang penting. Selain itu, sistem pembayaran seperti ini dinilai lebih praktis dan menghemat waktu transaksi.

Membersihkan Barang Belanjaan saat Tiba di Rumah

Begitu kamu selesai berbelanja dan sudah tiba di rumah, sebaiknya jangan langsung taruh barang-barang di kulkas. Akan tetapi, cuci tangan dan bersihkan terlebih dahulu supaya lebih steril. Sebagai contoh, untuk buah dan sayur, kamu sebaiknya cuci menggunakan air mengalir dan cairan pembersih khusus.

Makan Sebelum Pergi Berbelanja

Belanja bisa jadi aktivitas yang cukup memakan waktu dan tenaga. Maka dari itu, ada baiknya jika kamu mengisi perut terlebih dahulu sebelum berangkat ke supermarket. Dengan demikian, kamu bisa mencegah timbulnya keinginan untuk makan atau jajan di luar saat merasa lapar di tengah aktivitas berbelanja.

Nah, demikianlah beberapa tips belanja di mall atau supermarket yang perlu kamu perhatikan. Dengan menerapkan tips di atas, kini kamu tidak perlu terlalu khawatir jika ingin membeli sesuatu di supermarket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button