Kesehatan

Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Sejak dahulu, kita sering diingatkan untuk memenuhi kebutuhan air setidaknya 2 liter atau 8 gelas per harinya. Jumlah ini sebenarnya bisa berbeda-beda tergantung dari berat badan, usia, dan jenis aktivitas.

Untuk memenuhi kebutuhan air, sebagian orang mungkin masih bingung kapan harus minum air putih, apalagi sehari-harinya mereka sibuk. Ada beberapa waktu terbaik untuk meminum air. Anda bisa melihat penjelasan di bawah ini.

Manfaat

Sebelum mengetahui waktu-waktu terbaik, Anda perlu terlebih dahulu melihat apa saja manfaat dari minum air putih.

Manfaat-Minum-Air-Putih

Mencegah Dehidrasi

Sebagaimana diketahui, tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air. Oleh karena itu, kebutuhan carian dalam tubuh harus selalu terpenuhi agar tidak mengalami dehidrasi. Dengan meminum air, kita bisa mencegah dehidrasi yang menjadi pemicu gangguan ginjal.

Menyehatkan Kulit

Kelembaban dan elastisitas kulit sedikit banyak dipengaruhi oleh keberadaan cairan dalam tubuh. Apabila kekurangan cairan, kulit akan terasa kering. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan agar kulit selalu terhidrasi dan sehat setiap saat.

Mencegah Batu Ginjal

Minum air putih menurut penelitian dapat mencegah batu ginjal serta mencegah agar penyakit tidak lebih parah. Sebab, banyaknya suplai air ke dalam tubuh cukup membantu untuk mengeluarkan sisa metabolisme dan kristal oksalat melalui urine.

Meningkatkan Metabolisme

Meminum air dalam kondisi perut kosong dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Manfaat ini dapat membantu mereka yang sedang melakukan program diet agar nutrisi bisa diolah dengan baik.

Detoksifikasi Tubuh

Tubuh memiliki mekanismenya sendiri dalam mengelola racun atau zat berbahaya yang masuk. Racun dan zat berbahaya ini bisa dibantu pengeluarannya dengan minum air putih.

Baca : Resep Jus Mangga untuk Kesehatan

Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

air-putih

Setelah Bangun Tidur

Bangun tidur menjadi momen yang pas untuk Anda meminum air. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, minum air setelah bangun di pagi hari dapat membantu metabolisme tubuh yang menunjang program diet. Selain itu, minum air setelah bangun juga bisa membuat badan terasa lebih segar dan siap beraktivitas.

Sebelum dan Sesudah Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang akan membuat seseorang berkeringat dan tentu menguras cairan dalam tubuh. Minum air sebelum olahraga penting untuk memberikan asupan cairan agar tubuh tidak kehausan, dehidrasi, dan lemas saat berolahraga.

Sementara itu, minum air setelah olahraga dapat membantu mengganti cairan tubuh yang telah hilang.

Saat Cuaca Panas dan Berkeringat

Bukan hanya berolahraga, cuaca panas bisa menyebabkan seseorang berkeringat dan mudah mengalami dehidrasi. Dengan demikian, saat berkeringat adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk meminum air agar cairan tubuh yang hilang bisa tergantikan.

Saat Kelelahan dan Merasa Suntuk

Seperti sakit kepala, rasa suntuk, atau kelelahan bisa menandakan bahwa seseorang mengalami dehidrasi. Bila dibiarkan lebih lama, hal ini akan mengganggu kemampuan otak seseorang yang membuatnya menjadi susah berkonsentrasi dan berpikir. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengganti kopi dengan meminum air putih saat kelelahan dan merasa suntuk.

Sebelum dan Sesudah Makan

Minum air putih sebelum makan bisa memberikan sedikit rasa kenyang dalam perut sehingga mencegah kita untuk makan berlebihan. Sementara itu, minum air putih sesudah makan selain membantu menghilangkan haus juga membantu melunakan makanan yang masuk agar lebih mudah dicerna.

Saat Merasa Pusing

Menurut National Headache Foundation, pusing atau sakit kepala ringan bisa menjadi tanda seseorang mengalami dehidrasi. Selain itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan migrain. Dengan demikian, Anda perlu minum air putih agar sakit kepala bisa hilang setelah tubuh kembali terhidrasi.

Ketika Sakit

Membuat tubuh tetap terhidrasi menjadi salah satu langkah positif yang bisa dilakukan ketika Anda sakit. Sebab, beberapa gangguan tubuh, seperti diare, muntah, atau demam bisa menyebabkan dehidrasi.

Saat Merasa Lapar

Dalam dunia diet, ada istilah “false hunger” atau lapar yang bukan berasal karena tubuh membutuhkan makanan, tetapi karena rangsangan yang mendorong seseorang untuk makan, seperti stres, mood yang buruk, atau mencium aroma makanan.

Minum air putih dapat menjadi solusi untuk mengatasi “false hunger” serta mencegah kita untuk mengambil makanan atau camilan yang bisa meningkatkan berat badan dan kalori berlebihan.

Saat Naik Pesawat

Dalam pesawat, seseorang akan lebih mudah haus. Hal ini disebabkan karena kelembapan udara yang makin menipis seiring dengan meningkatnya ketinggian pesawat saat terbang. Oleh karena itu, sediakanlah sedikit air putih saat naik pesawat untuk menghilangkan rasa haus.

Itulah penjelasan tentang kapan saja waktu terbaik minum air putih berikut manfaatnya bagi tubuh.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button